Kwarcab Banyumas

Terdepan Dalam Prestasi

Kwarcab Banyumas

Terdepan Dalam Prestasi

142 Pramuka Siaga di SDN 3 Kracak mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus (TKK)

Facebook
WhatsApp
Telegram
Email

Ajibarang, 31 Mei 2024 – Sebanyak 142 siswa Pramuka Siaga dari SDN 3 Kracak mengikuti kegiatan Penyematan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) yang dilaksanakan pada hari Jumat, 31 Mei 2024. Acara ini diadakan di halaman SDN 3 Kracak, Kwarran Ajibarang, dan dimulai pukul 13.00 WIB dengan upacara perindukan.

Kegiatan penyematan TKK diawali dengan sesi materi yang meliputi dinamika kelompok dan persiapan persari. Kedua sesi ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan kesiapan peserta dalam menghadapi kegiatan Pramuka yang lebih besar. Setelah sesi materi, acara dilanjutkan dengan pelantikan TKK yang dimulai pukul 15.00 WIB.

Slamet, S.Pd., selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus), membuka kegiatan ini. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya kegiatan Pramuka yang tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga untuk kelompok. “Setiap kegiatan Pramuka disesuaikan dengan kemampuan individu dan tingkatan masing-masing. Salah satu hal yang menarik dari Pramuka adalah adanya apresiasi yang diberikan kepada anggota Pramuka berupa Tanda Kecakapan Khusus (TKK). Tanda ini merupakan bentuk apresiasi atas keterampilan atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam bidang tertentu,” ujarnya.

Pelantikan TKK wajib ini melibatkan 11 siswa yang telah memenuhi syarat untuk menerima tanda kecakapan tersebut. Acara ini dihadiri oleh 15 pembina SDN 3 Kracak serta Slamet, S.Pd. sebagai Kak Mabigus.

Hana, S.Pd.I, Ketua Gugus Depan Putri SDN 3 Kracak, dalam perbincangannya menyampaikan bahwa proses kegiatan bagi 142 siswa Pramuka Siaga berlangsung sama, meskipun tingkat kemampuan dan kemandirian setiap siswa berbeda-beda. “Yang mendapat Tanda Kecakapan Khusus saat ini ada 11 siswa. Untuk latihan minggu depan, insya Allah, lebih banyak lagi yang akan berlomba-lomba dalam menempuh proses uji kecakapan khusus sehingga lebih banyak yang memperoleh TKK. Tujuan dari pemberian tanda kecakapan ini adalah untuk memotivasi anak-anak lainnya,” tambahnya.

Dengan kegiatan ini, diharapkan semangat dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka semakin meningkat, serta semakin banyak siswa yang dapat meraih Tanda Kecakapan Khusus di masa mendatang

Kontributor : Budi Arif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related News

Jl. Prof. Dr. Suharso No.58, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53113

Subscribe Now

Don’t miss our future updates! Get Subscribed Today!

Free counters!

Copyright © Kwarcab Banyumas2024 - All Rights Reserved